zatzet

Thursday, March 12, 2009

cara mengatasi sakit tenggorokan

yayaya. gue tau sekarang ini emang lagi musimnya orang sakit tenggorokan, kaya gue -,

nah, gue pengen ngebantu nih. ini dia penjelasan dan cara mengatasinya:



Sakit tenggorokan emang nyebelin. sakitnya bikin kita gak bisa nelen makanan atau miniman, malahan bisa menyebabkan tenggorokan tersumbat konstan.

Rasanya menderita banget kalo sakit tenggorokan, susah ngomong, suara serak atau nyaris hilang. Sakit tenggorokan sering jadi tanda awal terjadinya pilek, flu, juga radang amandel ( tonsil ).

Makanan tinggi karbohidrat kayak cake, biscuit, dan gula pasir ditambah dengan asupan mikronutrien penting yang rendah dapat menjadi pemicu terjadinya sakit tenggorokan. kalo ditambah kelelahan, stress, merokok, serta konsumsi alcohol berlebihan, sakit tenggorokan biasanya tambah parah.

Gangguan terhadap tenggorokan, akut ataupun kronis, merupakan kasus yang biasa terjadi di Indonesia, khususnya didaerah perkotaan. Terlebih menjelang musim penghujan, saat virus serta faktor alergi lebih banyak muncul, sehingga kasus sakit tenggorokan yang disertai pilek juga lebih banyak. Apalagi pada saat musim hujan, daya tahan tubuh berkurang karena faktor alergi. -,

Merah Meradang
Secara umum, sakit tenggorokan akut pada anak-anak bisa terjadi 5 – 7 kali dalam setahun. Pada orang dewasa, kejadiannya sekitar dua kali per tahun. Diantara orang dewasa, ternyata perempuanlah yang frekuensinya lebih sering terserang daripada pria. Terutama adalah ibu rumah tangga. Anak-anak ternyata yang menjadi penyebab menyebarnya penyakit ini dalam keluarga.

Secara umum, sakit tenggorokan disebabkan oleh virus yang masuk dalam kelompok betahemolitik streptokokus A, Mycolasma dan Chlamydia.

Gejala yang dialami selain tenggorokan sakit juga diiringi demam, sakit kepala, serta sakit pada otot dan sendi. Gejala demam ini menjadi tanda infeksi pada tenggorokan.

kalo diperiksa, tenggorokan akan terlihat berwarna merah dan meradang. Untuk sakit tenggorokan yang disebabkan bakteri, akan menyebabkan keluarnya cairan yang kadang berlebihan. Sebaiknya lendir atau cairan yang keluar diperiksa di laboratorium, agar bisa ditentukan jenis pengobatan yang baik untuk mempercepat proses penyembuhan.

Sakit tenggorokan yang disebabkan virus gak bisa dianggap remeh. Apabila tidak diatasi, bahwa infeksi kuman ini bisa menyebabkan penyakit jantung, rematik, dan juga ginjal.

kalo bukan disebabkan infeksi kuman yang berbahaya, sakit tenggorokan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya. Bila terjadi infeksi, pengobatan antibiotik yang cukup akan mengatasi sakit tenggorokan dengan baik. Konsumsi yoghurt, terutama jenis acidophilus, baik untuk menggantikan bakteri dalam pencernaan yang rusak akibat antibiotik.

CARA MENGATASI RADANG
1.Gunakan penghilang rasa sakit untuk meredakan sakit tenggorokan
2.Berkumur dengan air garam hangat
3.Minum banyak cairan
4.Perbanyak konsumsi vitamin C yang bisa didapat dari buah dan sayur
5.Konsumsi makanan yang kaya vitamin A dan betakaroten
6.Minyak ikan, minyak zaitun, serta alpukat juga baik untuk mengatasi sakit tenggorokan
7.Mengurangi rasa sakit pada tenggorokan dengan cara alami, yaitu minum segelas susu hangat yang dicampur satu sendok the madu
8.Jika sakit tenggorokan kronis, kurangi hal-hal yang menyebabkan iritasi seperti penggunaan pelembab udara dekat tempat tidur
9.Berhenti merokok
10Kurangi minum alkohol (buat yang suka mabok.hihi)

thanks.

Labels:

posted by syifarizkia at 9:52 PM

19 Comments:

hahahhahaha thanks infonya.... ku mau coba aahh

August 8, 2009 at 8:42 PM  

manjur kaga ni carany...??? jangan2 entar gw mati.....

August 10, 2009 at 12:47 AM  

Thankz A lot Girl

October 20, 2009 at 11:10 PM  

selain alpukat buah apa yang bagus dikonsumsi untuk mencegah sakit tenggorokan

January 13, 2010 at 12:10 AM  

dapat contek dari mana tuh,,,,

April 28, 2010 at 6:55 PM  

wah, infonya bantu banget..

May 12, 2010 at 5:02 AM  

gilag aja pake alpukat..
menambah panas dalam itu...

penyeban sakit tenggorokan = igus. percayalah...

banyak2 minum air hangat biar ingus2nya ga mengental... and bisa di buang sebanyak banyaknya thu ingus...
dlm 1 hari ae gw sembuh dr thu sakit tnggorokan..
hehehe...

June 2, 2010 at 5:11 AM  

makasih yah
atas info nya...
coba dulu..
mudah" han
berhasil :)
thanx...

June 17, 2010 at 8:41 PM  

thanx gw mau noba nih hehehhehehehehehehe

September 4, 2010 at 4:03 AM  

olive; thanks iia mogaa apa yg u blang bsa ilangin skit tenggorokan goee.aduh kesiksa bngts goee prih skit susah nelen arphhhhhh mga cpet smbuh goeee

February 11, 2011 at 7:55 AM  

thank'z ycc,,, moga q cpats smbuh,,, amiiiinn

April 6, 2011 at 12:55 AM  

mkasi atassarannya

May 23, 2011 at 12:29 AM  

wah terimakasih banyak atas infonya...kebetulan saya lagi sakit tenggorokan nih..

June 20, 2011 at 8:07 AM  

thanks infony... semoga bermanfaat..

August 10, 2011 at 9:43 PM  

klo makan permen dari apotik sembuh ga ya?
sumpah gw udah ga tahan ni tenggorokan

December 2, 2011 at 4:20 AM  

cari madu nya, ni yank, susah.. Dimanaya, yg, asli..

December 27, 2011 at 10:01 PM  

udah kronis sakitnya -_- ..
nyigsa banget

January 14, 2012 at 5:44 AM  

udah seminggu gak sembuh.. sampe mlm pun terbangun dr tidur...
minum air garam pun tambah cakiiiit tenggorokannya..
gimana dong..????

February 12, 2013 at 9:45 PM  

Aq juga radang sakit bgt

April 11, 2013 at 2:54 PM  

Post a Comment

<< Home